.::Selamat Datang di Situs Kami , Semoga Website Kami ini Memberikan Pencerahan kepada Sahabat-Sahabat Mengenai Agama Kita yang Tercinta, Selamat Menikmati Hidangan Kami, dan Mohon Doanya ya Agar wAbsite Kami Tetap Eksis!! Amin::.

Senin, 22 Desember 2008

Sisa Kopi Bisa Jadi Solar

Peneliti di Nevada AS menemukan, sisa kopi bisa diubah menjadi bahan bakar biodiesel yang murah, tersedia dalam jumlah besar, serta ramah lingkungan. Bahan bakar ini bisa digunakan untuk menjalankan mobil dan truk.

Peneliti Mano Misra, Susanta Mohapatra dan Narasimharao Kondamudi mengatakan masalah utama penggunaan bahar bakar biodiesel secara luas adalah kurangnya sumber yang murah serta berkualitas tinggi untuk menghasilkan bahan bakar itu.

Sisa kopi bisa menyelesaikan masalah itu karena berisi 11 hingga 20 persen minyak dari total beratnya. Jumlah itu setara dengan bahan biodiesel tradisional dari kedelai atau kelapa sawit.

Diperkirakan sisa kopi mencapai 16 miliar pon di seluruh dunia setiap tahun. Sisa kopi ini rata-rata dari produksi espresso, cappuccino dan kopi tradisional. Ilmuwan memperkirakan sisa kopi bisa menyediakan 340 juta gallon biodiesel untuk memenuhi kebutuhan dunia.

Untuk menghasilkan biodiesel, ilmuwan mengumpulkan sisa kopi dari jaringan restoran penyedia kopi internasional dan memisahkan minyak yang dihasilkan. Teknik yang digunakan tidak mahal untuk mengubah 100% minyak dari kopi itu menjadi biodiesel.

Hasil bahan bakar yang berbasis kopi itu baunya masih seperti kopi, memiliki lebih banyak keunggulan yaitu lebih stabil dibandingkan biodiesel tradisional . Hal itu disebabkan kandungan anti oksidan yang tinggi.

Sedangkan limbah dari proses itu masih bisa digunakan untuk hal berguna lain sebagai ethanol atau digunakan untuk kompos. Ilmuwan memperkirakan proses itu dapat menghasilkan keuntungan lebih dari US$8 juta setahun hanya di AS saja.

Biodiesel merupakan pasar yang tumbuh cepat. Diperkirakan produksi tahunan biodiesel akan mencapai 3 miliar galon pada 2010. Bahan bakar itu bisa dihasilkan dari minyak kedelai, sawit, kacang, serta sayuran lain bahkan dari sisa minyak goreng.

Biodiesel juga dapat ditambahkan pada bahan bakar mesin biasa. Tapi juga bisa berfungsi sebagai bahan bakar mandiri, sebagai bahan bakar alternatif untuk mesin diesel. (rmd/inlh)

Tidak ada komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008