.::Selamat Datang di Situs Kami , Semoga Website Kami ini Memberikan Pencerahan kepada Sahabat-Sahabat Mengenai Agama Kita yang Tercinta, Selamat Menikmati Hidangan Kami, dan Mohon Doanya ya Agar wAbsite Kami Tetap Eksis!! Amin::.

Rabu, 11 Maret 2009

Hidup Sehat Penting Cegah Kanker

Itulah salah satu kesimpulan laporan Lembaga Penelitian Kanker Dunia (WCRF) di London mengenai pencegahan kanker. Laporan ini merupakan laporan paling cermat mengenai pencegahan kanker.

Berdasarkan sejumlah angka dan data penelitian dari seluruh dunia, WCRF berani menyimpulkan langkah-langkah apa yang bisa dilakukan untuk mencegah 14 jenis kanker yang paling sering terjadi.

Pemimpin proyek, Martin Wiseman, menjelaskan di samping merokok, kebiasan makan serta pola hidup merupakan faktor terpenting yang menentukan apakah seseorang akan mendapat kanker atau tidak.

Perokok akan mendapatkan kanker yang berkaitan dengan merokok, seperti kanker paru-paru. Sedangkan kanker yang biasanya ditemukan di dunia timur, seperti Jepang dan Cina atau negara-negara yang pendapatannya lebih rendah dibandingkan negara-negara berpendapatan tinggi, maka penyebab utamanya bisa ditelusuri pada pola makan, gaya hidup, serta lemak tubuh.

Misalnya saja, kanker usus berkaitan langsung dengan kegemukan, aktivitas tubuh dan kebiasaan makan terutama jumlah serat dalam makanan. Kanker usus merupakan contoh baik mengenai perubahan pola makan dan gaya hidup serta dampaknya dalam upaya mencegah kanker pada penduduk keseluruhan.

Kanker usus jarang ditemui di Jepang 20 tahun lalu, tapi tahun 2009 ini, kanker tersebut rata-rata lebih sering ditemukan di Jepang dibandingkan di negara-negara lain. Kenaikan besar itu berlangsung bersamaan dengan perubahan dalam masayarat Jepang serta pola makan, seperti dijelaskan Martin Wiseman.

Kenaikan itu disertai dengan perubahan dalam gaya hidup orang Jepang. Yang paling utama, antara lain, adalah perubahan dalam pola makan termasuk bertambahnya daging olahan, lemak, produk susu dan kurangnya makanan berserat. Itu perubahan besar yang pasti bertanggungjawab atas perubahan besar dalam risiko terkena kanker. Keturunan?

Kanker tidak saja berkaitan dengan faktor-faktor ekstern saja. Ada juga berbagai jenis kanker yang sebagian besar keturunan, jadi sifatnya genetik, diwariskan. Beberapa jenis kanker payudara terkait dengan 'gen kanker payudara'. Apabila seorang perempuan memiliki gen tersebut, maka peluangnya mendapatkan kanker 55% sampai 80%. Tapi bagi sebagian besar jenis kanker payudara - dan kebanyakan jenis kanker lain -, pola makan dan gaya hidup tetap menjadi faktor risiko utama.

Angka

Laporan yang dikeluarkan oleh WCRF itu mencakup 12 jenis kanker serta menjelaskan sejauh mana pencegahan bisa berdampak. Yang baru dalam hal ini, para peneliti berani memberikan prosentasenya, meskipun dengan margin yang besar. Mereka juga memberi rekomendasi mengenai cara-cara tepat dalam menghadapi berbagai masalah itu kepada para pembuat kebijakan "urus jalan khusus sepeda di daerah Anda" dan para ayah dan ibu "Suruh anakmu naik sepeda ke sekolah, dan kalian sendiri naik sepeda ke kantor".

Prosentase kanker bisa dicegah melalui makanan sehat, cukup aktivitas tubuh, serta berat badan sehat.

Delapan rekomendasi

Sementara itu, Lembaga Penelitian Kanker Dunia (WCRF) memberikan delapan rekomendasi masalah kanker.

- Pertahankan berat badan normal (norma BMI)

- Cukup aktivitas tubuh

- Batasi konsumsi makanan dan minuman berlemak serta kaya gula

- Makan makanan terutama dari tumbuh-tumbuhan

- Batasi konsumsi daging merah, hindari daging dan produk daging olahan

- Kurangi alkohol

- Kurangi garam

- Hindari produk-produk gandum dan kacang-kacangan berjamur

- Penuhi kebutuhan makanan dari makanan bukan dari suplemen. [wcrf-uk.org/rnl/www.hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008