.::Selamat Datang di Situs Kami , Semoga Website Kami ini Memberikan Pencerahan kepada Sahabat-Sahabat Mengenai Agama Kita yang Tercinta, Selamat Menikmati Hidangan Kami, dan Mohon Doanya ya Agar wAbsite Kami Tetap Eksis!! Amin::.

Senin, 02 Februari 2009

Cyber-Therapy Cara Baru Mengurangi Rasa Takut pada Pembedahan

Hidayatullah.com--Cyber-therapy adalah sebuah game video untuk para pasien rumah sakit. Alat ini mampu memproyeksikan pemandangan-pemandangan maya ke kacamata hitam pasien.

Para pasien dapat memilih bermacam-macam pemandangan maya, seperti berjalan-jalan di pegunungan, gurun, pantai ataupun perjalanan ruang angkasa.


Para dokter mencatat dengan menggunakan cyber-therapy saat melaksanakan operasi dapat mengurangi ketegangan mental dan mengurangi rasa takut terhadap pembedahan dari para pasien.


"Operasi maya atau cyber-therapy adalah perawatan yang didukung oleh pemandangan-pemandangan maya. Ini berarti kesadaran pasien yang sedang menjalani pembedahan, mampu saling berhubungan dengan pemandangan maya untuk mengalihkan perhatian dia, baik pria maupun wanita. Hal ini dapat mengurangi kegelisahan dan ketakutan pasien selama menjalani pembedahan bahkan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan saat operasi serta memberikan perhatian medis dan hasil pembedahan yang lebih baik," ujar Dr. Jose Luis Mosso, seorang ahli pengobatan Cyber- therapy.


Manfaat lainnya bagi para pasien juga mengurangi ketegangan otot dan peredaran darah yang lebih baik, mempertimbangkan sesuatu yang lebih cepat serta mengurangi rasa sakit. Seorang pasien yang enggan disebutkan namanya mengaku ia merasa lebih tenang dan santai dengan Cyber-therapy.


"Saya merasa tenang, sangat santai," katanya.


Saat ini Dr. Mosso sedang menerapkan ilmu pengobatan yang berhubungan dengan pembedahan di bidang lain seperti kepindahan tumor-tumor, operasi sesar termasuk endoscopies, tenaga kerja anak-anak, dan pos-perawatan.


"Kami sudah menerima dukungan dari universitas asing dengan konstruksi pemandangan-pemandangan maya ini. Bagaimanapun, kita sudah mengekspor teknik ini ke luar negeri dan telah menyesuaikan cyber-therapy dengan pelayanan-pelayanan yang lain, seperti endoscopies, radio diagnostik, breast cancer screenings," katanya.


Menurutnya teknik rumah sakit ini dapat mengurangi biaya operasi sebesar 20 persen karena para pasien menghabiskan sedikit waktu dalam penyembuhan setelah operasi. [erb/www.hidayatullah.com]

Tidak ada komentar:

Template by - Abdul Munir - 2008